Sunday, December 08, 2013

Selamat Jalan Madiba Tersayang....


Foto : VOA

(Saya orang yang sangat mengagumi dan mencantai Nelson Mandela. 5 Desember 2013 merupakan hari kehilangan seorang "orangtua" bagi dunia.  Madiba milik dunia. Madiba membebasakan amnusia dari tirani. Tulisan ini susah saya siapkan jauh-jauh hari, untuk menghormati Madiba. Selamat Jalan Madiba, Rizal Bustami)

www.telegraph.co.uk

Biografi

Rolihlahla Mandela lahir ke Madiba klan di Mvezo, Transkei, pada tanggal 18 Juli 1918, menjadi Nonqaphi Nosekeni dan Nkosi Mphakanyiswa Gadla Mandela, konselor dari Raja Bertindak orang Thembu, Jongintaba Dalindyebo.

Ayahnya meninggal saat ia masih kecil dan Rolihlahla muda menjadi bangsa Jongintaba di Great Place di Mqhekezweni. Mendengar cerita tua itu keberanian leluhurnya selama perang perlawanan, ia memimpikan juga membuat kontribusi sendiri untuk perjuangan kemerdekaan bangsanya.

Ketika ia sekolah SD,  di Qunu, gurunya Nona Mdingane memberinya nama Nelson, sesuai dengan kebiasaan untuk memberikan semua anak-anak sekolah dengan nama "Kristen".

Ia menyelesaikan Sertifikat SMP-nya di Clarkebury Boarding Institute dan melanjutkan untuk Healdtown, sekolah menengah Wesleyan beberapa bereputasi, di mana ia lulus.

Nelson Mandela mulai pendidikannya untuk gelar Bachelor of Arts di University College of Fort Kelinci tapi tidak menyelesaikan gelar sana ia diusir karena bergabung dalam protes mahasiswa. Ia menyelesaikan gelar BA melalui Universitas Afrika Selatan dan kembali ke Fort Kelinci untuk lulus pada tahun 1943.
Add www.vancouversunpodcasts.com
Setelah kembali ke Great Place di Mkhekezweni, Raja sangat marah dan mengatakan kalau ia tidak kembali ke Fort Kelinci dia akan mengatur istri baginya dan Keadilan sepupunya. Mereka melarikan diri ke Johannesburg bukannya tiba disana pada tahun 1941. Di sana ia bekerja sebagai petugas keamanan tambang dan setelah bertemu Walter Sisulu, seorang agen real, yang memperkenalkannya kepada Lazar Sidelsky. Dia kemudian melakukan artikelnya melalui firma pengacara Witkin Eidelman dan Sidelsky.
Sementara itu ia mulai belajar untuk LLB di Universitas Witwatersrand. Menurut pengakuannya sendiri ia adalah seorang mahasiswa miskin dan meninggalkan universitas pada tahun 1948 tanpa lulus. Dia baru mulai belajar lagi melalui University of London dan juga tidak menyelesaikan gelar itu.

Pada tahun 1989, sedangkan pada bulan-bulan terakhir penjara, ia memperoleh LLB melalui Universitas Afrika Selatan. Dia lulus in absentia pada upacara di Cape Town.

Nelson Mandela, sementara semakin politis terlibat dari tahun 1942, hanya bergabung dengan Kongres Nasional Afrika pada 1944 ketika ia membantu membentuk ANC Youth League.

Pada tahun 1944 ia menikah dengan Walter Sisulu sepupu Evelyn Mase, seorang perawat. Mereka memiliki dua putra Madiba Thembekile 'Thembi' dan Makgatho dan dua anak perempuan kedua disebut Makaziwe, yang pertama di antaranya meninggal saat masih bayi. Mereka efektif dipisahkan pada tahun 1955 dan bercerai pada tahun 1958.

Nelson Mandela naik melalui jajaran ANCYL dan melalui kerja ANC diadopsi pada tahun 1949 kebijakan berbasis massa lebih radikal, Program Aksi.

Mandela tahun 1937 (Wikimedia)
Pada tahun 1952 ia terpilih di National Volunteer-in-Chief dari Kampanye Defiance dengan Maulvi Cachalia sebagai Wakilnya. Ini kampanye mengembangkangan sipil terhadap enam hukum yang tidak adil adalah program bersama antara ANC dan Kongres India Afrika Selatan. Dia dan 19 orang lainnya didakwa dengan Pemberantasan Komunisme Act untuk bagian mereka dalam kampanye dan dijatuhi hukuman sembilan bulan, sulit pekerjaan yang dilakukan diskors selama dua tahun.

A diploma dua tahun dalam hukum di atas BA diperbolehkan Nelson Mandela untuk praktek hukum dan pada bulan Agustus tahun 1952 ia dan Oliver Tambo mendirikan firma hukum kulit hitam pertama Afrika Selatan, Mandela dan Tambo.

Pada akhir tahun 1952 ia dilarang untuk pertama kalinya. Sebagai orang terbatas ia hanya bisa menonton diam-diam sebagai Piagam Kebebasan diadopsi di Kliptown pada tanggal 26 Juni 1955.
Nelson Mandela ditangkap polisi dari 156 aktivis pada tanggal 5 Desember 1955 yang menyebabkan 1956 Pengkhianatan Trial. Pria dan wanita dari semua ras menemukan diri mereka di dermaga dalam sidang maraton yang hanya berakhir ketika 28 lalu menuduh, termasuk Mandela dibebaskan pada tanggal 29 Maret 1961.

www.cbs.ca

Pada 21 Maret 1960 polisi menewaskan 69 orang bersenjata dalam aksi protes di Sharpeville melawan hukum lulus. Hal ini menyebabkan negara dalam keadaan darurat pada 31 Maret dan pelarangan ANC dan Africanist Kongres Pan pada tanggal 8 April. Nelson Mandela dan rekan-rekannya di Pemberontakan Trial berada di antara ribuan ditahan dalam keadaan darurat.

Selama persidangan pada 14 Juni 1958 Nelson Mandela menikah dengan seorang pekerja sosial Winnie Madikizela. Mereka memiliki dua anak perempuan Zenani dan Zindziswa. Pasangan ini bercerai pada tahun 1996.

Hari sebelum akhir Pemberontakan Trial, Nelson Mandela melakukan perjalanan ke Pietermaritzburg untuk berbicara di All-in Africa Conference, yang diselesaikan dan ia harus menulis kepada Perdana Menteri Verwoerd meminta konvensi nasional non-rasial, dan memperingatkan bahwa seharusnya ia tak setuju ada akan menjadi pemogokan nasional melawan Afrika Selatan menjadi republik. Begitu ia dan rekan-rekannya dibebaskan di Pengadilan Pemberontakan, Nelson Mandela pergi dalam gerakan bawah tanah dan mulai merencanakan pemogokan nasional untuk 29, 30 dan 31 Maret. Dalam menghadapi mobilisasi besar keamanan Negara, pemogokan dibatalkan. Pada bulan Juni 1961 ia diminta untuk memimpin perjuangan bersenjata dan membantu mendirikan Umkhonto weSizwe (Tombak Bangsa).

Pada 11 Januari 1962 dengan menggunakan nama mengadopsi David Motsamayi, Nelson Mandela meninggalkan Afrika Selatan diam-diam. Dia berkeliling ke Afrika dan mengunjungi Inggris untuk memperoleh dukungan bagi perjuangan bersenjata. Ia menerima pelatihan militer di Maroko dan Ethiopia dan kembali ke Afrika Selatan pada bulan Juli 1962. Dia ditangkap di sebuah rintangan jalan polisi di luar Howick pada tanggal 5 Agustus ketika kembali dari KwaZulu-Natal di mana ia mendapat penjelasan Presiden ANC, Albert Luthuli tentang perjalanannya.

Add Plasa MSN
Dia didakwa dengan meninggalkan negara itu secara ilegal dan mengajak pekerja untuk menyerang. Dia dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara yang ia mulai melayani di Pretoria Penjara Lokal. Pada tanggal 27 Mei 1963, ia dipindahkan ke Pulau Robben dan kembali ke Pretoria pada 12 Juni. Polisi menggerebek tempat rahasia yang  digunakan oleh ANC di Rivonia dan aktivis Partai Komunis dan beberapa rekan-rekannya ditangkap.

Pada Oktober 1963 Nelson Mandela bergabung dengan sembilan orang lainnya diadili karena sabotase dalam apa yang dikenal sebagai Pengadilan Rivonia. Menghadapi hukuman mati kata-katanya ke pengadilan pada akhir nya terkenal 'Pidato dari Dock' pada 20 April 1964 menjadi diabadikan:
"Saya telah berjuang melawan dominasi putih, dan aku telah berjuang melawan dominasi hitam. Saya telah dihargai ideal sebuah masyarakat yang demokratis dan bebas di mana semua orang hidup bersama dalam harmoni dan kesempatan yang sama. Ini adalah ideal yang saya harap untuk hidup dan untuk mencapai. Tapi jika kebutuhan akan, itu adalah ideal untuk yang saya siap untuk mati."

Pada 11 Juni 1964 Nelson Mandela dan tujuh terdakwa lainnya Walter Sisulu, Ahmed Kathrada, Govan Mbeki, Raymond Mhlaba, Denis Goldberg, Elias Motsoaledi dan Andrew Mlangeni dihukum dan hari berikutnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Denis Goldberg dikirim ke Penjara Pretoria karena ia berkulit putih sementara yang lain pergi ke Pulau Robben.
Ibu Nelson Mandela meninggal pada tahun 1968 dan putranya Thembi tertua pada tahun 1969. Dia tidak diizinkan untuk menghadiri pemakaman mereka.

Add Mandela dengan Federik de Kller di Word Economic Forum Annual Meeting Davos tahun
                       1992/Foto :  http://www.nelsonmandela.org/
Pada 31 Maret 1982 Nelson Mandela dipindahkan ke Penjara Pollsmoor di Cape Town dengan Sisulu, Mhlaba dan Mlangeni. Kathrada bergabung dengan mereka pada bulan Oktober. Ketika ia kembali ke penjara pada bulan November 1985 setelah operasi prostat Nelson Mandela ditahan sendirian. Menteri Kehakiman Kobie Coetsee telah mengunjunginya di rumah sakit. Kemudian Nelson Mandela memulai berbicara tentang pertemuan akhir antara pemerintah apartheid dan ANC.

Pada tahun 1988 ia dirawat karena Tuberkulosis dan dipindahkan pada tanggal 7 Desember 1988 di sebuah rumah Victor Verster Penjara dekat Paarl. Dia dibebaskan dari gerbang pada Minggu 11 Februari 1990, sembilan hari setelah pencabutan larangan ANC dan PAC dan hampir empat bulan setelah rilis kawan-kawan Rivonia tersisa. Sepanjang penahanannya ia telah menolak setidaknya tiga penawaran bersyarat rilis.
Nelson Mandela menenggelamkan diri ke dalam pembicaraan resmi untuk mengakhiri pemerintahan minoritas kulit putih dan pada tahun 1991 ia terpilih sebagai Presiden ANC untuk menggantikan temannya yang sakit, Oliver Tambo. Pada tahun 1993 ia dan Presiden FW de Klerk bersama-sama memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian.  

Pada tanggal 10 Mei 1994 ia dilantik Presiden pertama yang terpilih secara demokratis di Afrika Selatan. Pada ulang tahunnya yang ke-80 pada tahun 1998 ia menikah Graça Machel, istri ketiganya.
Sesuai dengan janjinya Nelson Mandela mengundurkan diri pada tahun 1999 setelah satu periode sebagai Presiden. Dia terus bekerja dengan Dana Nelson Mandela Children, ia didirikan pada tahun 1995 dan mendirikan Yayasan Nelson Mandela dan The Mandela-Rhodes Foundation.

Add Simbol-simbol Aparheid itu… / Foto : http://www.nelsonmandela.org/

Pada bulan April 2007 cucunya, Mandla Mandela menjadi kepala Dewan Adat Mvezo pada upacara di Great Place Mvezo.

Nelson Mandela pernah goyah dalam pengabdian kepada demokrasi, kesetaraan dan pembelajaran. Meskipun provokasi mengerikan, dia tidak pernah menjawab rasisme dengan rasisme. Hidupnya telah menjadi inspirasi bagi semua yang tertindas dan kekurangan, untuk semua orang yang menentang penindasan dan perampasan.

Nama                                                                          
Mr Nelson Rolihlahla Mandela kadang-kadang disebut dengan nama lain.
Setiap nama memiliki arti tersendiri dan cerita. Bila Anda menggunakannya Anda harus tahu apa yang Anda katakan dan mengapa. Jadi di sini adalah penjelasan singkat dari masing-masing nama.
Rolihlahla - Ini adalah nama lahir Mandela: itu adalah nama isiXhosa yang berarti "menarik cabang pohon", tapi bahasa sehari-hari berarti "pembuat onar". Ayahnya memberinya nama ini.

Add Sel Mandela di Pulau Roben (Wikimedia)
Nelson - Nama ini diberikan kepadanya pada hari pertamanya di sekolah oleh gurunya, Miss Mdingane. Memberikan anak-anak Afrika nama Inggris adalah kebiasaan di antara Afrika di hari-hari dan dipengaruhi oleh kolonial Inggris yang tidak bisa dengan mudah, dan sering tidak, mengucapkan nama Afrika. Tidak jelas mengapa Nona Mdingane memilih nama "Nelson" untuk Mandela.

Madiba - ini adalah nama klan yang Mandela adalah anggota. Sebuah nama marga jauh lebih penting daripada nama keluarga karena mengacu pada nenek moyang dari mana seseorang turun. Madiba adalah nama seorang kepala Thembu yang memerintah di Transkei pada abad ke 18. Hal ini dianggap sangat sopan untuk menggunakan nama marga seseorang.

Tanda tangan Mandela / Sumber : http://www.nelsonmandela.org/
Tata - Kata ini isiXhosa berarti "ayah" dan adalah istilah dari sayang yang banyak orang Afrika Selatan digunakan untuk Mandela. Karena ia adalah sosok ayah bagi banyak orang, mereka memanggilnya Tata terlepas dari usia mereka sendiri.

Khulu - Mandela sering disebut "Khulu", yang berarti besar, penting, besar. Pembicara berarti "Satu besar" ketika mengacu Mandela dengan cara ini. Ini juga merupakan bentuk singkat dari isiXhosa kata "uBawomkhulu" untuk "kakek".

Dalibhunga - Ini adalah nama Mandela diberikan pada usia 16 setelah ia menjalani inisiasi, ritus Xhosa tradisional dari petikan menuju kedewasaan. Ini berarti "pencipta atau pendiri dewan" atau "Convenor dialog". Penggunaan yang benar dari nama ini saat menyapa Mandela adalah "Aaah! Dalibhunga ".
Nama lain - Tentu saja, keluarga Mandela menggunakan banyak istilah sayang untuknya. Cucu-cucunya menggunakan varian "Kakek", seperti "Kakek" misalnya. Mrs Graça Machel sering menggunakan "Papa".

www.nupeolemagazine.com

Silsilah....



Silsilah                                                                                                                  
Nelson Rolihlahla Mandela (lahir 18 Juli 1918)
Orangtua
Ayah: Nkosi Mphakanyiswa Gadla Henry (meninggal sekitar tahun 1927)
Ibu: Noqaphi Nosekeni (meninggal 1968)

Mandela telah menikah tiga kali.
Dia memiliki enam anak, empat anak perempuan dan dua anak laki-laki.

Seorang anak perempuan dan dua anak meninggal: Makaziwe meninggal sebagai bayi pada tahun 1948, Madiba Thembekile [Thembi] meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1969 dan Makgatho Lewanika meninggal karena penyakit terkait AIDS pada tahun 2005.

Anak-anaknya masih hidup adalah Pumla Makaziwe [Maki], Zenani dan Zindziswa [Zindzi]
                                                           
Pernikahan
1944 Menikah Evelyn Ntoko Mase (lahir 1922, meninggal 30 April 2004) - Cerai 19 Maret 1958
14 Juni 1958 Menikah Winifred Nomzamo Zanyiwe Madikizela (lahir 1936) - Cerai 19 Maret 1996
18 Juli 1998 Menikah Graça Machel (lahir 1945)

Anak-anak
Dengan Evelyn Mase
1. Madiba Thembekile Mandela (lahir 1945, meninggal 13 Juli 1969 umur 24)
2. Makaziwe Mandela (meninggal 1948 berusia sembilan bulan)
3. Magkatho Lewanika Mandela (lahir 1950, meninggal 6 Januari 2005 umur 55)
4. Pumla Makaziwe Mandela (lahir 1954)

Dengan Winnie Mandela
5. Zenani Dlamini (lahir 1959)
6. Zindzi Mandela (lahir 1960)

Cucu
1. Ndileka Mandela [1965-F-Thembi]
2. Nandi Mandela [1968-F-Thembi]
3. Mandla Mandela [1974-M-Makgatho]
4. Ndaba Mandela [1983-M-Makgatho]
5. Mbuso Mandela [1991-M-Makgatho]
6. Andile Mandela [1993-M-Makgatho]
7. Tukwini Mandela [1974-F-Makaziwe]
8. Dumani Mandela [1976-M-Makaziwe]
9. Kweku Mandela [1985-M-Makaziwe]
10. Zaziwe Manaway [1977-F-Zenani]
11. Zamaswazi Dlamini [1979-F-Zenani]
12. Zinhle Dlamini [1980-M-Zenani]
13. Zozuko Dlamini [1992-M-Zenani]
14. Zoleka Mandela [1980-F-Zindzi]
15. Zondwa Mandela [1985-M-Zindzi]
16. Bambatha Mandela [1989-M-Zindzi]
17. Zwelabo Mandela [1992-M-Zindzi]

Cicit
1. Ziyanda Manaway [2000-M-Zaziwe]
2. Zipokhazi Manaway [2009-F-Zaziwe]
3. Zenani Mandela [1997-2010-F-Zoleka]
4. Zwelami Mandela [2003-M-Zoleka]
5. Zamakhosi Obiri [2008-F-Zamaswazi]
6. Thembela Mandela [1984-M-Ndileka]
7. Pumla Mandela [1993-F-Ndileka]
8. Hlanganani Mandela [1986-M-Nandi]
9. Zazi Kazimla Vitalia Mandela [2010-F-Zondwa]
10. Lewanika Ngubencuka Mandela [2010-M-Ndaba]
11. Zenawe Zibuyile Mandela [2011-2011-M-Zoleka]
12. Qheya II Zanethemba Mandela [2011-M-Mandla]
13. Ziwelene Linge Mandela [2011-M-Zondwa]
14. Zenkosi John Brunson Manaway [2012-M-Zaziwe]

Timeline
Sumber : http://www.nelsonmandela.org/
Untuk menyingkat semua prestasi Mr Nelson Mandela menjadi satu kronologi tidak mungkin, sebagai akibatnya, kami tidak mengklaim bahwa pekerjaan kami di sini adalah komprehensif. Di bawah ini Anda akan menemukan kronologi kejadian penting dalam hidupnya. Ini adalah pekerjaan yang sedang berjalan dan kami senang untuk menerima komentar Anda atau penambahan.

18 Juli 1918       : Born Rolihlahla Mandela di Mvezo di Transkei
1925                  : Menghadiri sekolah dasar dekat Qunu (menerima nama 'Nelson' dari seorang
                            guru)
1927                  : Dipercayakan kepada Thembu Jongintaba Dalindyebo
1934                  : Mengikuti inisiasi; Hadiri Clarkebury Boarding Institute di Engcobo
1937                  : Menghadiri Healdtown, para Wesleyan College di Fort Beaufort
1939                  : Enrols di University College of Fort Hare, di Alice
1940                  : Diusir
1941                  : Lari dari perjodohan, menjadi penjaga malam tambang; Mulai menulis di firma
                            hukum Witkin, Sidelsky & Eidelman
1942                 : Rampungkan BA melalui Universitas Afrika Selatan (UNISA)
1942                  : Mulai menghadiri Kongres Nasional Afrika pertemuan (ANC) informal
1943                  : Lulusan dengan BA dari Fort Kelinci, melibatkan kurang untuk LLB di
                            Universitas Wits
1944                  : Co-mendirikan ANC Youth League (ANCYL); menikah Evelyn Ntoko Mase –
                            mereka memiliki empat anak: Thembekile (1945); Makaziwe (1947 - yang
                            meninggal setelah sembilan bulan); Makgatho (1950); Makaziwe (1954)
1948                  : Sekretaris nasional terpilih ANCYL
1951                  : Terpilih Presiden ANCYL
1952                 : Kampanye dimulai Defiance, Ditangkap dan dikenakan biaya untuk    
 melanggar Pemberantasan Komunisme Act; Terpilih Transvaal ANC Presiden,     
 Dihukum dengan JS Moroka, Walter Sisulu dan 17 lainnya di bawah
 Pemberantasan Komunisme Act; Dijatuhi hukuman sembilan bulan dengan
 kerja keras, diskors selama dua tahun ; Terpilih pertama ANC wakil presiden;
 Membuka firma hukum kulit hitam pertama Afrika Selatan dengan Oliver
 Tambo
1953                  : Merencanakan M-Rencana untuk operasi bawah tanah masa depan ANC
1955                   : Sebagai Kongres Rakyat di Kliptown meluncurkan Piagam Kebebasan
1956                  : Ditangkap dan bergabung 155 orang diadili karena Pengkhianatan.
                             Semua yang dibebaskan oleh 29 Maret 1961
1958                   : Bercerai dengan Evelyn Mase, Menikahi Nomzamo Winnie Madikizela –  
                             mereka memiliki dua anak perempuan: Zenani (1959) dan Zindzi (1960)
21 Maret 1960    : Pembantaian Sharpeville
30 Maret             : Negara Darurat diberlakukan dan ia adalah di antara ribuan ditahan
                              April 8   : ANC dilarang
1961                   : Gerakan Bawah Tanah; Umkhonto weSizwe (MK) dibentuk
11 Jan 1962        : Meninggalkan negara itu untuk pelatihan militer dan untuk menggalang
                             dukungan bagi ANC
5 Agustus             : Ditangkap dekat Howick di KwaZulu-Natal
7 November         : Dijatuhi hukuman lima tahun penjara karena hasutan dan meninggalkan
                              Negara itu tanpa paspor
27 Mei 1963        : Dikirim ke Pulau Robben
12 Juni                 : Kembali ke Pretoria, Penjara Lokal
9 Oktober            : Muncul di pengadilan untuk pertama kalinya dalam apa menjadi dikenal  
                              sebagai Pengadilan Rivonia
3 Desember          : Mengaku tidak bersalah atas sabotase dalam apa menjadi dikenal sebagai
                               Pengadilan Rivonia
11 Juni 1964          : Semua kecuali Rusty Bernstein dan James Kantor yang divonis dan dihukum
                                (12 Juni) untuk hidup
13 Juli 1969          : Thembekile tewas dalam kecelakaan mobil
31 Maret 1982      : Mandela, Sisulu, Raymond Mhlaba dan Andrew Mlangeni dan kemudian
                               Ahmed Kathrada dikirim ke Penjara Pollsmoor
1985                     : Menolak tawaran Presiden Afrika Selatan PW Botha untuk membebaskannya
                                jika dia meninggalkan kekerasan
3 November 1985: Menjalani operasi prostat
12 Agustus 1988  : Dirawat di Rumah Sakit Tygerberg dan didiagnosis dengan Tuberkulosis
31 Agustus            : Mengikuti Constantiaberg MediClinic
7 Desember           : Pindah ke Victor Verster Penjara di Paarl dimana ia ditahan selama 14 bulan
                               di sebuah pondok
2 Februari 1990     : ANC membatalkan pemboikotan
11 Feb 1990          : Dibebaskan         
2 Mar                     : Terpilih sebagai Wakil Presiden ANC
10 Desember 1993: Dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian bersama FW de Klerk
27 April 1994        : Memberikan suara untuk pertama kali dalam hidupnya
9 Mei                     : Dipilih oleh DPR sebagai presiden pertama yang demokratis Afrika Selatan
10 Mei                   : Dilantik sebagai Presiden Republik Afrika Selatan
14 Desember          : Meluncurkan otobiografinya  Walk to Freedom
1995                      : Mendirikan Yayasan Nelson Mandela untuk Anak 
1996                      : Menceraikan Winnie Mandela
18 Juli 1998           : Menikahi Graça Machel pada hari ulang tahun ke-80
1999                      : Mundur sebagai Presiden, setelah satu priode, mendirikan Yayasan Nelson
                                Mandela
2001                      : Didiagnosis dengan kanker prostat
2003                      : Mendirikan Rhodes Mandela Foundation
1 Juni 2004            : Mengumumkan bahwa ia akan mundur dari kehidupan publik
6 Januari 2005        : Mengumumkan bahwa, anaknya Makgatho sulung telah meninggal karena
        AIDS
2007                      : Menghadiri pengangkatan cucunya sebagai kepala Dewan Adat Mvezo
18 Juli 2008           : Meminta generasi mendatang untuk melanjutkan
                                perjuangan untuk keadilan sosial
2009                      : Untuk keempat kalinya dalam hidupnya memberikan suara dalam
                                Pemilu, Menghadiri pelantikan Presiden Jacob Zuma pada 9 Mei.  
2010                      : Membuka secara resmi Piala Dunia FIFA sebelum memulai Afrika
                                Selatan
11 Juni 2010           : Cucunya, Zenani tewas dalam kecelakaan mobil
17 Juni 2010           : Menghadiri pemakaman cucunya paling tua, Zenani
Juli 2010                 : Merayakan ulang tahunnya ke-92 di rumah di Johannesburg dengan
                                  keluarga dan teman-teman
Oktober 2010         : (Buku kedua  Percakapan dengan Diriku diterbitkan)
18 November 2010 : Menghadiri pertandingan tim sepak bola Afrika Selatan dan Amerika
Januari                     : Dirawat di rumah sakit di Johannesburg di mana ia didiagnosis dengan
                                 infeksi dada
16 Mei 2011           : Ikut memberikan suara dalam pemilihan pemerintah daerah
Juni 2011                : Bukunya Nelson Mandela 
                      diterbitkan
21 Juni 2011            : Dikunjungi oleh American First Lady Michelle Obama dan kedua
                                 putrinya Sasha dan Malia
18 Juli 2011             : Merayakan ulang tahun ke-93 dengan keluarganya di Qunu, Eastern
                                 Cape
21 Oktober 2011    : Secara resmi dihitung dalam Sensus Afrika Selatan 2011
Desember 2011      : Menghabiskan Natal dengan keluarga di Qunu
25 Februari 2012    : Dirawat di rumah sakit untuk keluhan perut
18 Juli 2012            : Merayakan ulang tahun ke 94 dengan keluarganya di Qunu, Eastern
                                 Cape
8 Desember 2012   : Dirawat di rumah sakit
26 Desember           : Keluar dari rumah sakit
1 Januari 2013         : Menghabiskan Hari Tahun Baru dengan anggota keluarganya di
                                  Johannesburg
09-10 Maret           : Di rumah sakit
27 Maret - 6 April  : Di rumah sakit
8 Juni                      : Dirawat di rumah sakit
5 Desember             : Wafat


No comments:

HARGA BENELLI MOTOBI 152 TH 2023