Monday, January 02, 2012

Cianjur - Ranca Buaya

Gowes di Pantai Selatan Cianjur

Pantai Selatan Jawa Barat,  mulai dari Pelabuhan Ratu sampai ke Pangandaran, menjajikan pemandangan yang ekskotis. Jalan selatan ini menjadi rute jelajah touring mobil dan sepeda motor.

Jalan – jalan di sepanjang pantai ini pernah saya susuri beberapa bulan lalu pada suatu event touring dengan Terano Club. Pada penghujung tahun 2011, sebagai penutup tahun, saya melakukan perjalanan seorang diri menggowes sepeda dari Cianjur sampai dengan Ranca Buaya.

Panjang jalan dari Cianjur sampai Ranca Buaya lebih kurang 150 km. Ke Sindang Barang saja mencapai 100 km.

Gowes sepeda dimulai jam 08.00 dari Hypermart Canjur. Sampai di Sindang Barang, selepas jam 19.00. Tujuan berikutanya adalah Ranca Buaya, melewati Cidaun dan TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Jayanti. Munuju Ranca Buaya, sekitar 50 km, saya menumpang dengan kendaraan angkutan bak terbuka. Di Ranca Buaya saya bermalam. Namun, paginya, saya menggowes ke Sindang Barang. Di Jayanti, saya singgah ke pasar ikan. Disini banyak terdapat cottage. Harganya terjangkau untuk satu group.

Tapi saya lebih menyukai Ranca Buaya. Ranca Buaya terasa lebih lapang, pandangan ke laut bebas tanpa halangan. Di pinggir pantai terdapat saung-saung untuk istrirahat dan untuk makan. Penginapan murah, sekelas losmen ada disini. Hotel ber-AC pun ada. Warung makan, sampai ikan bakar pun tersedia.

Hanya saja, menuju pantai yang ekskotis ini memang terlalu jauh. Ini menjadi pertimbangan. Namun, bagi pengelana sepeda, sugguh perjalanan yang luar biasa.

Jalan yang sepi dari kendaraan bermotor, kawasan yang lapang, pantai yang bebas pandang pandang, disinilah tempatnya.

Menuju Sindang Barang, jalan melintasi Perkebunan Teh Cibeber, hutan dan lembah.

Perjalanan dimulai dari ketinggian 490 mdpl. Jalan rata sampai Cibeber, sejauh 17 km.  Kemudian mendaki sampai ke 1100 mdpl, sepanjang 17 km. Jalan menurun dan mendaki ke 980 dpl sejauh 14 km. Selepas pendakian, jalan menurun ke 250 mdpl sejauh 40 km. Selanjutnya naik tajam ke 575 mdpl sejauh 8 km. Jalan akan menurun sejauh 10 km ke 30 mdpl. Selanjutnya jalan rata sejauh 6 km di 9 mdpl ke Alun Alun Sindang Barang. Ke timur, sampai di Ranca Buaya jalan rata sejauh 30 km ke TPI Jayanti. Jalan akan mendaki ke 9 km ke 265 mdpl. Salanjutnya jalan menurun rata sampai di Ranca Buaya 22 km. (Rizal Bustami)

Lihat Sepeda Ranca Buaya di peta yang lebih besar

Jeri Adiyanto said...

Butuh berapa hari tuk menikmati keindahan alamnya Bang Ijal

Melihat Indonesia said...

Dua hari Jer ! Dari Cianjur pagi sekali.Sampai Sindang Barang malam. Ke Ranca Buaya numpang mobil bak.Hari kedua kembali ke Sindang Barang,tapi gowes.Dengan mobil boks,numpang ke Cianjur.Ranca Buaya juga bisa dicapai melalui Ranca Upas atau dari Cikajang Garud.Rute yang berkesan bagi gue antara Cibinong-Sindang Barang dan Sindang Barang Ranca Buaya.Ranca Buaya - Peumumpuk juga OK.Tempat favorit gue Ranca Buaya.

Salam kenal juga. Boleh juga, kita jalan-jalan bareng. Saya lagi persiapan untuk long trip.