Wednesday, January 27, 2010

Track Ciherang



Rancamaya – Ciherang

Banyak track sepeda gunung di seputar Bogor, bahkan masih di dalam kota. Kawasan Bogor Utara merupakan lahan yang melimpah untuk bermain sepeda.

Di Cantigi Peace, pernah dimuat track sepeda di Bogor Utara, yaitu melalui Rancamaya, meski belum dilengkapi dengan peta. Kali ini Cantigi Peace menyajikan track sepeda di kawasan yang sama, namun beda track.
Sama-sama melalui Rancamaya, tujuannya adalah Cihideng. Menuju Rancamaya, ada dua pilihan, melalui Ciawi atau Cipaku. Saya dan kawan – kawan pemain sepeda Perumahan Indraprasta II, menempuhnya melalui Ciawi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan track lebih panjang. Jika melalui Cipaku, lebih pendek.

Track mountain bike yang kami lalui, jalur umum pemain sepeda Bogor, yaitu Cimahpar – Kolong Jembatan Tol Katulampa – Gadog. Sebelum Gadog, di kolong Jagal, belok kanan – tembus di Masjid Ciawi. Dari Persimpangan Ciawi, masuk ke kawasan Rancamaya.

Di kawasan Rancamaya dapat dinikmati Gunung Salak, jika cuaca cerah. Gunung Salak akan terlihat seutuhnya.
Nanti akan ditemui jalan menurun dan berkelok. Di sebelah kanan terhampar kota Bogor dan rel kereta api. Keluar dari tembok pembatas, ambil jalan ke kiri. Nah, akan dijumpai jembatan kereta api yang menyeberangi Sungai Cisadane. Istirahat dulu di warung, sambil memakan gorengan.

Kembali lagi ke tempok tadi, ambil jalan ke kanan. Tidak seberapa jauh, akan terhidang pemandangan indah, berupa sungai besar dan persawahan. Akhir dari jalan ini, berupa jalan tanah. Ikuti jalan tersebut, mulai off road, menyeberangi jembatan besi kecil.

Di ujung jalan tanah, terdapat instalasi penyernihan air PDAM. Istirahat dulu di bawah pohon rindang, sebelum melanjutkan perjalanan. Jalan selanjutnya beraspal dan mendaki tajam. Setelah melewati pendakian yang menyesakkan, ditemui jalan besar dan perkampungan. Jika beruntung, bisa menikmati durian asli dari pohon.
Telusuri jalan mulus Ciherang tujuan Jalan Raya Sukabumi. Menemukan jalan Raya Sukabumi, belok sepeda ke Ciawi. Di sebelah kanan jalan terdapat rumah makan.
Makan siang, tambah kalori untuk kembali pulang !
Cobalah perjalanan ini…! (Rizal Bustami)
Jarak Tugu Kujang PP : 45 km
Ketinggian Tugu Kujang : 265 dpl
Ketinggian Ciawi : 450 dpl
Ketinggian Tertinggi : 540 dpl
GPS Garmin 60CSX














Saturday, January 16, 2010

Gempa Haiti



Kami turut berduka dan prihatin gempa bumi yang dialami oleh Republik Haiti. Haiti negeri yang miskin, korup dan represif, rakyatnya semakin menderita dengan bencana alam ini. Semoga rakyat Haiti cepat bangkit dan kehidupan berjalan normal. (rizal bustami)

Berikut ini adalah profil Republik Haiti. Artikel dan foto diambil dari BBC Indonesia.

Profil Republik Haiti

BBC Indonesia

Haiti merupakan republik pertama di dunia yang dipimpin orang kulit hitam dan negara merdeka pertama di Karibia ketika mengusir koloni Prancis dan menghentikan perbudakan melalui serangkaian perang pada awal abad XIX.

Namun, beberapa dasawarsa kemiskinan, penelantaran lingkungan, tindak kekerasan, gejolak dan kediktatoran menyebabkan Haiti menjadi salah satu negara termiskin di benua Amerika.

Sebagian besar wilayah Haiti bergunung-gunung dengan iklim tropis.

Lokasi, sejarah dan budaya Haiti - termasuk praktik voodoo - pernah mengantarnya menjadi tempat potensial bagi industri wisata, namun gejolak dan tindak kekerasan, khususnya sejak tahun 1980-an, sangat memupuskan peluang tersebut.

Haiti menjadi dikenal ketika diktator vooodo Francois "Papa Doc" Duvalier dan putranya, Jean-Claude, atau "Baby Doc" berkuasa. Puluhan ribu orang tewas sepanjang masa kekuasaan mereka yang berlangsung 29 tahun.

Harapan bahwa pemilihan tahun 1990 yang mengantar Jean-Bertrand Aristide, seorang mantan pendeta, akan mengawali masa depan yang lebih cerah pupus ketika dia digulingkan militer tidak lama kemudian.

Meski sanksi ekonomi dan intervensi militer pimpinan Amerika memaksa Haiti kembali ke pemerintahan konstitusional pada tahun 1994, nasib Haiti tidak kunjung membaik, sementara tuduhan mengenai kecurangan pemilihan, pembunuhan di luar proses hukum, penyiksaan dan kebrutalan terus berlanjut.

Pemberontakan berdarah, dan tekanan dari Amerika Serikat dan Prancis, memaksa Aristide keluar dari Haiti pada tahun 2004.

Kesenjangan

Mayoritas warga Haiti adalah orang kulit hitam dari Afrika

Setelah itu, pemimpin hasil pemilihan mengambilalih kekuasaan dari pemerintah sementara dan pasukan stabilisasi PBB dikerahkan di sana. Namun, Haiti masih dirundung konfrontasi yang diwarnai tindak kekerasan antara geng dan kelompok politik yang bersaing.

PBB menggambarkan situasi hak asasi manusia di negara itu "malapetaka".

Sementara itu, masalah sosial mendasar yang paling serius, kesenjangan kesejahteraan antara mayoritas warga kulit hitam penutur bahasa Creole - bahasa gado-gado antara bahasa Prancis dan bahasa lain - dan minoritas penutur bahasa Prancis, masih belum teratasi.

Orang-orang minoritas yang hanya 1% dari total 10 juta jiwa penduduk Haiti menguasai setengah kekayaan negara tersebut.

Banyak warga Haiti mencari pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik di Amerika Serikat atau negara di kawasan Karibia, termasuk Republik Dominika, yang menampung ratusan ribu migran Haiti.

Lebih dari itu, sistem prasarana di Haiti bisa dikatakan ambruk, sementara bisnis narkoba menjadi sumber korupsi di lingkungan sistem peradilan dan kepolisian.

Haiti juga tidak memiliki kesiapan untuk menangani dampak badai tropis yang sering menerjang pulau tersebut, sementara deforestasi parah menyebabkan wilayahnya rentan terhadap banjir.





Sunday, January 10, 2010

Mengenal Nusa Tenggara


(Catatan : Artiel ini, adalah bagian dari tulisan tentang
Nusa Tenggara saya karang. Rizal Bustami)

Nusa Tenggara, Bagian Indonesia yang Berbeda

Nusa Tenggara di alam berbeda, manusian yang tak pernah dikuasai oleh penguasa mana pun pada zamannya. Alam telah membentuk watak manusianya menjadi manusia yang mandiri dan berdikari.

“Pulau-pulau itu dianugrahi pantai pasir putih, air laut transparan dan batu karang yang indah. Jika dilihat dari udara bagai pernik-pernik mutiara berserakan diatas karpet biru. Wilayah Nusa Tenggara nampak memancarkan cahaya dari empat warna yang amat kontras: biru (laut dalam), hijau (laut dangkal), putih (garis pantai) dan coklat (daratan).” Sebuah diskripsi yang bagus oleh buku East of Bali From Lombok to Timor, terbitan Periplus Edition tentang keelokan pulau – pulau di Nusa Tenggara ini.

Di sebelah timur Pulau Bali, pulau berbaris – baris. Barisan pertama mulai dari Pulau Lombok hingga Pulau Flores. Baris kedua berada di bawahnya, pulau berderet mulai dari Pulau Sumba sampai ke Pulau Timor. Gugusan pulau tersebut dinamai Kepulauan Nusa Tenggara. Nusa berarti pulau, Tenggara karena letaknya. Nama lain kepulauan tersebut adalah Sunda Kecil untuk membedakannya dengan Sunda Besar, pulau – pulau yang lebih besar seperti Pulau Jawa, Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Para ahli geografi menyebutnya Lesses Sundas (Sunda Kecil) dan Greater Sundas (Sunda Besar).

Nusa Tenggara dibagi dua wilayah pemerintahan yaitu, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Provinsi Nusa Tenggara Barat meliputi Pulau Lombok di sebelah barat, dan Sumbawa di sebelah timur. Sedangkan Provinsi Nusa Tenggara Timur cukup luas, mulai dari Pulau Komodo di sebelah barat, hingga ke Pulau Timor.

Berada di sebelah selatan khatulistiwa, pulau-pulau Sunda Kecil ini membentang sepanjang 1.300 km dari Pulau Lombok ke Timor, membentuk jaringan tengah di KM 5.600 Nusantara Indonesia. Menurut hitungan, ada 566 pulau di Nusa Tenggara, dimana 320 diantaranya merupakan pulau kecil yang - bahkan tidak punya nama. Dari 42 pulau yang dihuni, lima pulau yaitu Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores dan Timor, tertera jelas di peta.

Dalam ilmu geologi, pulau-pulau itu terbilang muda, lahir pada akhir periode Tertiary sekitar 70 juta tahun lalu. Terdesak oleh arus magma bawah tanah, lempengan Australia-Samudera Hindia (yang dikenal sebagai Lempeng Sahul) merangsek kuat ke arah barat laut sehingga bertabrakan dengan Lempengan Eurasia (Sunda). Lempeng Sunda yang kurang padat akhirnya tergeser ke permukaan oleh Lempeng Sahul yang lebih berat. Tekanan kerak bumi ini kemudian memaksa Lempeng Sahul turun, dimana dia ditekan dan menjadi panas.

Kepulauan ini memiliki corak alam yang berbeda. Lombok dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat, ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang rimbun, ciri dari alam tropis yang lembab. Namun, jauh ke timur akan dijumpai musim kering yang panjang. Dan, sebagian Pulau Timor adalah daerah yang paling kering. Itulah kawasan Nusa Tenggara Timur.

Tidak ada yang menyadari, menginjakkan kaki di daratan Pulau Lombok, ternyata dirinya sudah berada di benua yang berbeda dengan pulau – pulau di sebelah barat pulau ini. Tidak ada persamaan flora dan fauna antara Lombok dengan Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Dan, semakin ke timur, semakin berbeda. Bahkan kawasan ini lebih menyerupai dengan apa yang terdapat di benua Australia.

Alfred Russel Wallace manusia pertama yang menyadari perbedaan tersebut ketika dia menjelajahi Nusantara kita ini selama 6 tahun (1854 – 1913). Wallace kemudian membuat batasan di Selat Lombok terus ke utara untuk memisahkan Pulau Kalimantan dengan Pulau Sulawesi. Pembagian tersebut kemudian terkenal dengan “Garis Wallace”.

Arcipelago (Nusantara) ini memiliki berbagai jenis kekayaan alam yang tidak ada di bagian dunia lain. Buah – buahan paling lezat dan rempah – rempah paling mahal berasal dari negeri ini. Selain itu ada bunga raksasa Rafflesia, kupu – kupu bersayap hijau Ornithoptera (raja di kalangan kupu –kupu), orang utan, dan cenderawasih. Arcipellago ini dihuni oleh ras manusia yang menarik dan istimewa, yaitu ras Melayu, yang tidak ditemukan di luar jajaran kepulauan ini.” Demikian Wallace, sorang naturalis Inggris yang telah menjelajahi dunia sampai ke Amazon, Brazil.

Selong merupakan kota yang mempunyai ketinggian paling tinggi, yaitu 148 meter dari permukaan laut sementara Raba terendah dengan 13 meter dari permukaan laut.

Nusa Tenggara adalah bagian dari Indonesia yang paling kering. Dia terletak di ujung pengaruh musim barat laut dan tenggara yang membawa angin hujan (angin yang melahirkan hujan) ke pantai-pantai sebelah selatan. Namun, bagian dalam pulau-pulau besar merupakan daerah pegunungan yang menyebabkan udara lembab dipaksa berhembus ke atas, menjadi dingin dan menghasilkan hujan. Dengan demikian, daerah-daerah ini menjadi bagian paling basah di pulau-pulau tersebut. Musim hujan tidak berlangsung lama.

Dalam situasi menghadapi musim selatan, bulan-bulan paling penghujan adalah Mei hingga Juli, tatkala angin tenggara yang bertiup kuat dari Australia menjemput udara lembab diatas Laut Timor. Selama periode itu, pantai-pantai sebelah utara – karena terhalang oleh gunung-gunung yang ada di tengah - relatif kering. Dari Desember hingga Maret, selama musim barat laut, angin dari Laut Jawa membawa udara lembab keseluruh lereng gunung yang menghadap ke utara, khususnya di Pulau Lombok, Sumbawa dan Flores. Daerah yang paling kering adalah di lereng dan garis pantai sebelah tenggara.

Temperatur maksimum berkisar antara 30,9° – 32,1° C, dan temperatur minimum berkisar antara 20,6° - 24,5°C. Temperatur tertinggi terjadi pada bulan September dan terendah pada bulan November. Sebagai daerah tropis, NTB mempunyai rata-rata kelembaban yang relatif tinggi, yaitu antara 48 - 95 %.

Pulau-pulau di sebelah selatan, memiliki bentangan pantai berkarang yang panjang saling bersinggungan dengan pantai-pantai tipis. Pantai-pantai tersebut dilindungi oleh dinding batu karang pantai dan lepas pantai.

“Di bawah air pemandangan berubah, dan batu karang Nusa Tenggara adalah salah satu ekosistem terkaya di dunia. Tak ada tempat di bumi ini yang memiliki jumlah atau keanekaragaman species air (aquatic) yang begitu besar. Satu-satunya batu karang yang luas di wilayah ini bisa berisikan hampir 1.000 species ikan, lebih dari yang bisa ditemukan di semua teluk, sungai, danau dan air yang mengalir di Eropa,” tulis buku East of Bali From Lombok to Timor.

Manusia pertama kali mencapai Nusa Tenggara berasal dari barat. Mereka dipastikan dari Daratan Asia. Mereka datang melalui Pulau Jawa dan Bali lalu ke Lombok.

Manusia pertama berada di Jawa sekitar satu juta tahun lalu. Ini diketahui dari sebuah penemuan di Sangiran dan Trinil di Jawa Tengah. Namun, Lombok terletak di sebelah timur Garis Wallace dan mungkin tidak pernah dihubungkan oleh tanah kering ke Bali dan sebagian daratan Sunda, termasuk Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Manusia-manusia pertama itu mungkin telah berjalan dari Daratan Asia ke Bali tanpa mendapati kakinya basah (tidak menyeberangi laut karena Pulau Bali, Jawa, Sumatera dan bahkan Kalimantan masih menyatu dengan daratan Asia, belum dipisahkan oleh laut). Namun, tak ada bukti nyata bahwa mereka sebenarnya telah menyeberangi Selat Lombok selebar 40 km ke Nusa Tenggara sampai waktu antara 30.000 dan 50.000 tahun lalu, usia jejak manusia yang paling dini yang diketemukan di Sulawesi, Australia dan (Papua) Nugini.

Sebenarnya, sangat mungkin bahwa Australia negeri pertama yang dihuni para migran dari Timor. Baru-baru ini ada klaim bahwa alat terbuat dari batu, mungkin berusia 100.000 tahun, ditemukan di Flores. Alat itu ada hubungannya dengan tulang sebuah mahluk seperti gajah (Stegodon trigonocephalus) yang telah punah.

Bahasa Sasak Lombok dan bahasa setengah bagian selatan Pulau Sumbawa benar-benar bahasa yang hampir menyamai bahasa tetangganya di sebelah barat – Bali dan Jawa. Namun, bahasa yang dipakai di Bima berbeda. Dia membentuk bagian kelompok bahasa yang memasukkan bahasa Sumba, Sawu, Ndao dan Flores bagian barat. Di bagian timur Nasa Tenggara – Flores timur, Timor dan Roti – bahasa yang dipakai lebih dekat ke bahasa Maluku. Untuk perdagangan dan komunikasi, bahasa Melayu, selama berabad-abad lamanya, adalah bahasa campuran yang dipakai sebagai bahasa pengantar. Dan sekarang, tentu saja, Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi. Sejalan dengan era Indonesia modern, dialek daerah Melayu masih dipakai di kota tua Kupang dan Larantuka.

Nusa Tenggara merupakan bentuk nyata keragaman bangsa Indonesia, mulai dari karakter manusia, adat istiadat, bahasa sampai alam dan iklim.

“Dua provinsi di Nusa Tenggara – Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur – mencerminkan motto Bangsa Indonesia: Bhineka Tunggal Ika, atau Bersatu dalam Keanekaragaman,” tulis buku East of Bali From Lombok to Timor.

Nusa Tenggara terkesampingkan dalam perjalanan sejarah besar Indonesia, padahal kawasan ini memiliki perjalanan sejarah yang hebat dan mandiri. Inilah kawasan di Indonesia yang benar – benar tidak dikuasai secara obsolut oleh kekuasaan lain. Tidak pernah ada kerajaan besar yang berkiblat ke India (Indianized) yang berkembang di sini, seperti Sriwijaya, yang berbasis di Palembang, Sumatera (abad ke 8 –13), atau Majapahit di Jawa Timur (abad ke 14 –15).

Berbagai kekuatan luar, seperti Majapahit di Jawa dan Kesultanan Goa di Sulawesi mengklaim kedaulatan atas semua atau sebagian Nusa Tenggara. Namun, klaim ini sebenarnya tidak lebih dari sebagai pengecohan imperial (imperial bluster). Sepanjang tidak ada otoritas pusat yang kuat atas sesuatu pulau, maka klaim atas penaklukkan oleh pasukan asing terhadap pulau tersebut sulit dipercaya.

Bahkan di abad ke 17, tatkala Portugis dan Belanda membawa pasukan pendudukannya untuk bertahan di pulau-pulau itu, orang-orang Eropa itu merasa tidak mungkin memerintah secara absolut, dan sebaliknya mereka berusaha menjamin bahwa kontrol politik dihapuskan dan mereka cukup melanjutkan perdagangan. Dengan berakhirnya masa pendudukannya, otonomi lokal secara luas dilindungi.

Bagi para penjajah, daya tarik terbesar terhadap wilayah itu adalah kayu gaharu (sandalwood) putih yang sangat berharga di Pulau Timor, yang selama berabad-abad telah mengundang para pedagang masuk. Timor tidak pernah sepenting pulau-pulau penghasil cengkeh dan rempah-rempah seperti Ternate, Tidore, Ambon dan Pulau-pulau Banda, namun sandalwood putih banyak dicari.

Di Mesir pada awal 1,700 SM, kayu gaharu dibutuhkan karena manfaatnya sebagai salep dan parfum. Bahkan, sampai hari ini, sari pati kayu gaharu penting sebagai pencampur wangi-wangian, khusunya wangi-wangian yang cepat hilang seperti bunga melati. Orang-orang Brahma di India menggunakan bedak kayu ini untuk mencampur bahan cat dipakai sebagai tanda gambar kasta.

Tak jelas berapa lama perdagangan sandalwood Timor tersebut berlangsung. Mungkin hingga abad ke 14 atau bahkan 12, meski kemungkinan berlangsung beberapa ratus tahun lamanya. Para pedagang menukarkan porselin, manik-manik, sutera, kaca dan alat-alat terbuat dari besi dengan kayu sandalwood yang harum itu.

Secara mutlak kayu sandalwood diperlukan untuk berbagai acara ritual, khususnya pada saat pemakaman, dimana kayu tersebut dibakar untuk memberi harum udara. Kayu yang relatif lunak, berbiji bagus itu juga merupakan bahan yang paling bagus baik untuk ukiran.

Jaman eksplorasi diabadikan untuk menciptakan lebih jauh pembagian dan kesetiaan di Nusa Tenggara, tatkala para pedagang regional bersaing ketat dengan orang-orang Eropa untuk membeli kayu sandalwood Timor. Perdagangan itu sendiri digagas oleh pedagang dari Jawa dan Malaka, kemudian diikuti pedagang Tiongkok serta dari mana saja. Orang-orang tersebut berhubungan langsung dengan para penguasa Timor, yang mengawasi penebangan kayu sandalwood di bagian dalam daerah kekuasaannya.

Tatkala kapal Ferdinand Magellan, Victoria mendarat di pantai utara Pulau Timor pada tahun 1522 – tanpa Magellan, yang meninggal setahun sebelumnya – orang-orang Eropa itu menemukan sebuah barang dagangan (sandalwood) dari Luzon, Filipina. Kemudian di tahun 1566, ketika orang-orang Portugis membangun sebuah benteng di Pulau Solor, di sebelah timur Flores, dalam usahanya mengusai perdagangan kayu sandalwood, mereka harus berperang dengan para penyerbu Muslim dari Jawa dan Makassar.

Perjuangan untuk sandalwood berlanjut selama berabad-abad. Para pedagang mestizo berbahasa Portugis yang menarik diri ke benteng di Pulau Solor, membentuk sebuah populasi terpisah yang disebutnya sebagai orang-orang Topas atau “Portugis Hitam”. Ketika VOC Belanda mencapai daerah tersebut di tahun 1613, mereka memaksa orang-orang Topas keluar dari bentengnya di Solor ke Larantuka di timur Flores.

Namun, hingga masa pengusirannya, orang Topas berusaha membangun tempat hunian di Lifao di Pulau Timor, yang kini dikenal Ambeno (dulu Oecussi) di pantai sebelah barat laut pulau itu. Dari sana mereka mulai menggunakan pengaruhnya - yang semakin berkembang di daerah-daerah pertumbuhan kayu sandalwood di Timor tengah.

Pada tahun 1642, seorang fidalgo Portugis memimpin sebuah pasukan kecil bersenjata untuk menaklukkan dua kerajaan Timor, dan karena itu mereka mengklaim telah menguasai seluruh pulau itu. Untuk meng-counter pengaruh orang-orang Portugis, pada tahun 1653 Belanda membangun benteng di Kupang agar memperoleh suatu pijakan di Pulau Timor. Dan seratus tahun kemudian mereka membantah klaim orang-orang Portugis dan orang-orang Topas independen yang menyatakan telah menguasai pulau itu.

Untuk memperkuat posisinya, Belanda menciptakan suatu jaringan aliansi dan kontrak dagang dengan para penguasa asli. Penduduk Muslim menentang Portugis Katholik di Pulau Solor, penguasa asli di ujung sebelah barat Pulau Timor dan di Pulau Roti, Pulau Sawu serta pantai utara Pulau Sumba. Kontrak-kontrak serupa memperluas aliansi Belanda ke Makassar di utara dan ke Bima di barat.

Pada saat ini, Sultan Bima secara dekat beraliansi dengan keluarga kerajaan Makassar dan mengklaim kedaulatan atas Pulau Flores sebelah barat dan sebagian besar Pulau Sumba. Setiap tahun kapal-kapal VOC berlayar dari Batavia (kini Jakarta) ke Kupang, berhenti di Bima, dimana dia memiliki sebuah “pabrik” dagang untuk mensuplai dan memperkuat daerah hunian yang sering terkepung.

Perlawanan Raja Mataram yang heroik menantang ekspedisi Belanda di Lombok tidak pernah disebut-sebut, sebagaimana Brigadir Malaby tewas di Surabaya atau perlawanan orang Aceh terhadap Belanda. Adalah PPH Van Ham, seorang wakil komandan ekspedisi yang dipimpin Jenderal JA Vetter dengan pangkat Mayor Jenderal. Ekspedisi Belanda tiba di pelabuhan Ampenan pada tanggal 5 Juli 1894. Raja Mataram menolak kehadiran ekspedisi Belanda tersebut, maka terjadi pertempuran yang mengakibatkan tewasnya Mayor Jenderal Van Ham. Jenazah Van Ham dimakamkan dekat pemakaman umat Hindu di Karang Jangkong, sekitar 1 km dari kota Mataram.

Nusa Tenggara di alam berbeda, manusian yang tak pernah dikuasai oleh penguasa mana pun pada zamannya. Alam telah membentuk watak manusianya menjadi manusia yang mandiri dan berdikari.

Para pelancong ke bagian dunia ini, yang ingin menyaksikan acara seremonial kehidupan yang kaya di pulau-pulau ini harus datang selama periode “hidup”, yang umumnya mulai Februari hingga Oktober. Dari November sampai Januari ada beberapa upacara, namun musim hujan pada periode tersebut bisa menghambat perjalanan. Diperlukan waktu yang cukup untuk bisa menghargai kehidupan di pulau-pulau ini.












Sepeda Santai di Cibodas




Good View Ciloto
Kawasan Ciloto yang berada di lembah, memberikan pemandangan yang elok, kemana pun pandangan diarahkan. Gunung Gede – Pangrango yang berdiri kokoh, menjadikan kawasan ini bagai lukisan. Tetapi, bila dipandang dari arah sebaliknya, kawasan Ciloto dan Puncak Pas, dengan Tower Komunikasi Pasir Simbul, menakjubkan pula.

Untuk dapat menikmati view tersebut, harus masuk ke perkampungan. Di sepanjang Jalan Raya Cibodas, pemandangan itu tersembunyi oleh rumah penduduk dan villa. Banyak jalan di pedalaman Ciloto. Memang agak sempit, tetapi bisa dilalui mobil. Untuk mendapatkan keelokan eksklusiv, dengan sepeda caranya.

Menggunakan sepeda gunung/mountain bike, sepeda lipat atau sepeda ontel pun bisa. Di mulai dari Gerbang Cibodas, Cipanas, tepatnya di persimpangan Singa Barong, depan Kantor Krakatoa. Arahkan sepeda ke bawah, ambil jalan ke kiri. Jika cuaca bagus, Gunung Gede Pangrango menonjolkan diri.

Ikuti saja arah menurun, seberangi sungai dan sampai menemukan jalan aspal. Ikuti jalan aspal.
Nanti disebelah kiri, selepas pendakian, terdapat gang beton dan masjid di sebelah kiri jalan. Ikuti gang, sampai menemukan jalan aspal. Begitu menemukan jalan aspal, pemandangan sudah terbuka, dengan hamparan Lembah Ciloto. Di ujung gang ini terdapat sebuah pohon menjulang. Jalan kanan ke Golibah, kiri ke Ciloto / Puncak. Ambil jalan kiri.

Setelah penurunan, ditemukan jalan bersimpang. Ambil jalan kanan, menyeberangi jembatan. Jalan sedikit menanjak. Nah, nikmati dulu pemandangan disini.Ikuti saja jalan desa, sampai melewati Kampung Geger Bentang. Setelah melewati jembatan, jalan mendaki tajam. Iktui saja sampai menemukan jalan hotmik. Di kawasan ini banyak terdapat hotel dan bungalow.

Setelah melewati Hotel Lembah Pinus, ketemu jalan bercabang. Ambil jalan kecil di kanan. Boleh saja meneruskan jalan utama, namun tidak mendapatkan pemandangan lain. Ikuti saja jalan ini, sampai menemukan gang. Masuk gang, di dalam ada perkampungan, Kampung Jempak, namanya.
Akhir dari gang ini, ketemu jalan aspal. Ikuti jalan asal ke kanan, tibalah di Jalan Raya Ciloto, di depan Gerbang Hotel Bukit Ciloto Indah.

Dari sini, terserah mau kemana. Hendak ke Puncak, atau kembali ke Cibodas.
Track pendek ini sejauh 8 km, lama tempuh kurang lebih 2 jam. Jika diteruskan ke Cibodas, tambah 6 km lagi, dengan lama tempuh 1.30 menit. Sangat menyenangkan, karena mendapatkan pengalaman luar biasa.
Silahkan mencoba ! (Rizal Bustami)











Sunday, December 13, 2009

Tanjakan "Ngehek"...


Track Tanjakan "Ngehek"

Tanjakan "Ngehek", nama generik dari track MTB ini.
Dimulai dari Puncak Pas (1475 dpl), melewati Gantole (1350 dpl), Pabrik Teh Gunung Mas (1145 dpl), Gerbang Taman Safari Indonesia, Pasir Muncang dan berakhir di
Simpang Gadog (480 dpl).
Inilah track yang paling populer, obsesi semua pemain sepeda. Track mountain bike
tersebut memang komplit, ada jalan perkebunan, pedesaan dan off road.
Tanjakan "Ngehek" sendiri hanya 2.5 km, namun inilah tantangannya. Penanjakan ini dimulai dari ketinggian 1070 dpl ke 1350 dpl. Meski elevasinya lebih kurang 200 meter, ya mampu merontokkan badan. (Cantigi - Rizal Bustami)
Peta track Tanjakan "Ngehek" dibagi dua bagian. Akurasinya telah dicocokkan dengan Google Earth, dengan edited seperlunya.
Bagi Anda yang beminat terhadap track asli GPS, kirimkan alamat email.


Thursday, December 03, 2009

Sepeda di Geger Bentang !


Membawa sepeda ke Puncak Geger Bentang, Taman Nasional Gede Pangrango, jelaslah perbuatan yang sia-sia. Sampai di Geger Bentang, dibelokkan pula ke Perkebunan Teh Gunung Mas.
Senen, 30 November 2009, Alvin, Juned, Ombing, Rizal Bustami dan Verdi ke Geger Bentang dengan mountain bike masing-masing. Alvin sebagai leader. Perjalanan dilakukan ditengah musim hujan, pada saat curah tertinggi di kawasan ini.
Bagi pendaki gunung, Geger Bentang tentulah tahu posisi dan keadaan alamnya, yang kasat dipandang dari Pasar Wisata Cibodas.
Perjalanan dimulai dari Kedai Kopi Cantigi pukul 09.00, setelah sarapan di Warung Mang Koko. Bekal makan siang, dibawa 5 bungkus nasi. Tujuan pertama Sadelan. Menuju Sadelan dari daratan Kandang Babi, merupakan tantangan pertama, karena sepeda sudah harus dipanggul. Dari Sadelan sampai ke Puncak Geger Bentang, terdapat banyak rintangan, kalau tidak sepeda diangkat diatas pohon, atau disorongkan di “kolong”. Di beberapa tempat, sepeda harus ditarik dengan webing. Sepeda dinaikkan secara estafet. “Tobat,” teriak Hombing.
Senangnya hati sampai di Puncak Geger Bentang. Disini, kami tidak bisa berlama-lama karena sore, jam 17.00. Setelah makan nasi bungkus Mang Koko, perjalanan dilanjutkan tujuan Gunung Mas. “Enaknya, buka camp nih,” cetus Verdi.
Perjalanan turun tidak kalah repotnya, karena jalan sempit dan terjal. Tidak jarang sepeda diturunkan bergantian karena harus ada bantuan tenaga. “Wadow....,” teriak Hombing terpelanting.
Berjalan di kegelapan, berpenerangan senter sepeda. Hujan membuat lintah bergelayutan di kaki dan tangan. Bagusnya, kami membawa obat anti lintah mujarab, satu tetes saja pacet menarik diri dari kulit. “Bang, bang. Lintah, lintah... Tolongin, cepat,” igau Juned panik.
Sampai Simpang Pasir Sumbul, setelah melewati punggungan jalan mulai menghilang. Jalan tembus ke tepi Gunung Mas ditutupi ilalang tinggi. Verdi dan Alvin yang mengenali kawasan tersebut, di depan membuka jalan. “Saya temukan jalannya. Aman,” teriak Verdi di kejauhan.
Sampailah di persimpangan ke Gunung Mas dan Ciloto. Disini kami berdoa, atas ditemukannya jalan yang jelas untuk pulang. Dari persimpangan ini ke jalan raya Puncak, cukup jauh juga. Akhirnya kami muncul di Jalan Raya Puncak, dekat Hotel Bukit Indah.
“Gue puas, sudah lama pengen coba jalur ini dengan sepeda,” teriak Alvin.
Dari Cibodas (Cipanas), Jawa Barat (1330 dpl) – Geger Bentang (1995 dpl), sepeda sama sekali tidak bisa digoes. Tapi, dari Geger Bentang ke Ciloto (1400 dpl), sepeda bisa dinaiki, asalkan pelan-pelan. Karena malam dan hujan, kami tidak bisa menaiki sepeda.
Mencoba jalur ini, tanggalkan pakaian sepeda, ganti dengan pakaian pendakian. Pakai sepatu tracking tinggi, jas hutan, gaiter, sarung tangan panjang, dan helm. Senter dan lampu sepeda dengan battery cadangan harus dibawa. Minuman masig-masing 3 liter, makanan utama dan makanan tambahan. Obat anti pacet wajib dibawa.
Asupan kalori perlu diperhatikan. Sekuat apapun pisik, akan kehabisan tenaga karena energi yang terkuras. “Doping” kalori terbaik adalah coklat susu. Masing-masing 2 batang coklat, sudah cukup. Satu batang untuk naik, satu batang bekal turun. Interval makan coklat, satu bagian setiap 2 jam. Dengan interval 2 jam, tubuh selalu terkondisi dengan asupan kalori rutin.
Sia-sia saja membawa sepeda. Bisa dikatakan begitu. Namun sebagai pemain sepeda mejelajah, percobaan ini sebagai latihan menghadapi situasi yang tak terduga di jalanan.
Tentu disadari, latihan pisik ada aerobik harus diperbanyak.
Bagi Hombing, Juned dan Verdi, perjalanan ke Geger Bentang ini telah menguras tenaganya karena sehari sebelumnya mereka menggoes sepeda dari Bogor lewat Tapos turun di Gunung Mas. Selasa siang, mereka harus pula menggoes sepeda dari Cibodas ke Depok.
Cibodas - Geger Bentang – Gunung Mas – Ciloto data tercatat oleh Garmin 60CSx, berjarak 12 km. Total lama perjalanan 16 jam, waktu berhenti 10 jam. Efektif bergerak hanya 6 jam.
Silahkan mencoba track ini ¡ (Rizal Bustami)










HARGA BENELLI MOTOBI 152 TH 2023