Sunday, January 10, 2010

Sepeda Santai di Cibodas

Good View Ciloto
Kawasan Ciloto yang berada di lembah, memberikan pemandangan yang elok, kemana pun pandangan diarahkan. Gunung Gede – Pangrango yang berdiri kokoh, menjadikan kawasan ini bagai lukisan. Tetapi, bila dipandang dari arah sebaliknya, kawasan Ciloto dan Puncak Pas, dengan Tower Komunikasi Pasir Simbul, menakjubkan pula.

Untuk dapat menikmati view tersebut, harus masuk ke perkampungan. Di sepanjang Jalan Raya Cibodas, pemandangan itu tersembunyi oleh rumah penduduk dan villa. Banyak jalan di pedalaman Ciloto. Memang agak sempit, tetapi bisa dilalui mobil. Untuk mendapatkan keelokan eksklusiv, dengan sepeda caranya.

Menggunakan sepeda gunung/mountain bike, sepeda lipat atau sepeda ontel pun bisa. Di mulai dari Gerbang Cibodas, Cipanas, tepatnya di persimpangan Singa Barong, depan Kantor Krakatoa. Arahkan sepeda ke bawah, ambil jalan ke kiri. Jika cuaca bagus, Gunung Gede Pangrango menonjolkan diri.

Ikuti saja arah menurun, seberangi sungai dan sampai menemukan jalan aspal. Ikuti jalan aspal.
Nanti disebelah kiri, selepas pendakian, terdapat gang beton dan masjid di sebelah kiri jalan. Ikuti gang, sampai menemukan jalan aspal. Begitu menemukan jalan aspal, pemandangan sudah terbuka, dengan hamparan Lembah Ciloto. Di ujung gang ini terdapat sebuah pohon menjulang. Jalan kanan ke Golibah, kiri ke Ciloto / Puncak. Ambil jalan kiri.

Setelah penurunan, ditemukan jalan bersimpang. Ambil jalan kanan, menyeberangi jembatan. Jalan sedikit menanjak. Nah, nikmati dulu pemandangan disini.Ikuti saja jalan desa, sampai melewati Kampung Geger Bentang. Setelah melewati jembatan, jalan mendaki tajam. Iktui saja sampai menemukan jalan hotmik. Di kawasan ini banyak terdapat hotel dan bungalow.

Setelah melewati Hotel Lembah Pinus, ketemu jalan bercabang. Ambil jalan kecil di kanan. Boleh saja meneruskan jalan utama, namun tidak mendapatkan pemandangan lain. Ikuti saja jalan ini, sampai menemukan gang. Masuk gang, di dalam ada perkampungan, Kampung Jempak, namanya.
Akhir dari gang ini, ketemu jalan aspal. Ikuti jalan asal ke kanan, tibalah di Jalan Raya Ciloto, di depan Gerbang Hotel Bukit Ciloto Indah.

Dari sini, terserah mau kemana. Hendak ke Puncak, atau kembali ke Cibodas.
Track pendek ini sejauh 8 km, lama tempuh kurang lebih 2 jam. Jika diteruskan ke Cibodas, tambah 6 km lagi, dengan lama tempuh 1.30 menit. Sangat menyenangkan, karena mendapatkan pengalaman luar biasa.
Silahkan mencoba ! (Rizal Bustami)