Sunday, October 17, 2010

Novel : Catatan Usang Seorang Juru Tulis, Bagian VII





Alek Pacu Kuda 
(Bagian VII)



PERTEMUAN – pertemuan  pemimpin - pemimpin masyarakat  dengan Haji Abdul Manan, maka aku sebagai juru tulis dalam gerakan ini diperintahkan mengundang tokoh-tokoh masyarakat seperti Muhammad Saleh Datuak Rajo Pangulu, Abdul Wahid Kari Mudo, Datuak Parpatiah (di Magek) dari Kamang Ilia, Angku Jangguik yang dikenal pula dengan panggilan Inyiak Jabang, Datuak Parpatiah di Pauah, Haji Samad, Tuangku Pincuran, Datuak Rajo Pangulu dari Babukik Limau Kambiang dan Datuak Marajo beserta pemimpin lainnya yang dirasa patut untuk membicarakan tindakan yang akan diambil terhadap upaya-upaya pemerasan oleh Ulando itu.

Dalam pertemuan rahasia di rumah Haji Abdul Manan di Kampuang Tangah Pakan Sinayan Babukik tersebut didapat kata sepakat, bahwa,  agar dilakukan peninjauan (menyelidiki) pendapat dari semua pengikut   Haji Abdul Manan dan Tuangku Laras Sungai Pua sehubungan dengan ‘apakah akan menuruti kehendak penjajah Ulando atau tetap mengadakan perlawanan untuk menolak pelaksanaan belasting yang akan dipaksakan juga oleh Ulando kepada rakayat’. Kedua, jika menerima atau menolak agar memberi kabar atau laporan kepada Haji Abdul Manan sebagai pemimpin dalam gerakan perlawanan rakyat Minangkabau, khususnya dalam menentang belasting. Keempat, untuk melaksanakan upaya-upaya pengkristalisasian pandangan tersebut kepada masyarakat yang lebih luas, maka propaganda memegang peranan yang teramat penting. Keempat,  kepada tenaga yang dipercaya sebagai pemimpin delegasi agar menyebar mengadakan hubungan koordinasi dan kristalisasi misi perlawanan ke beberapa daerah, dan misi ini harus selesai dalam tiga bulan, terhitung mulai bulan Januari hingga Maret 1908.

Sunday, October 10, 2010

Catatan Usang Seorang Juru Tulis Bagian VI

Muslihat

Pasar Malam, pesta rakyat ciptaan Belanda

HAJI Abdul Manan, putra Haji Ibrahim bekas pejuang dan asuhan Tuangku Nan Renceh cukup berpengalaman juga dalam perlawanan dan peperangan, seperti terlibat sebagai pasukan relawan perang Aceh melawan Belanda. Ia lebih awal melakukan siasat propaganda, konsilidasi dan pengkristalisasian pemikiran akan semangat anti penjajahan Belanda dengan semangat jihat anti kaum kafir-nya di Kamang dan melebar ke beberapa daerah lainnya. Issu ‘kafir’ merupakan propaganda terbilang ampuh bagi masyarakat Minangkabau yang tidak waktu itu, kecuali bagi – Belanda Hitam – si Melayu yang kebelanda-belandaan. Untuk melaksanakan kegiatan propaganda, lobby ini tidak semua orang yang mampu, karena dituntut suatu kecerdasan, kelincahan, kefasihan berbicara dan lihai meyakinkan banyak orang, serta mempunyai keberanian yang besar.

Pada sisi lain, dengan adanya tantangan dalam masyarakat terhadap rodi dan belasting, maka Belanda merasa khawatir kalau suatu waktu akan bermuara pada pemberontakan rakyat, seandainya kegiatan agitasi yang dimotori oleh para ulama dan dibantu oleh penghulu adat tidak dihentikan.
Sehingga Haji Abdul Manan ditangkap dan ditawan di kota Benteng Fort de Kock, Bukittinggi. Mitra Haji Abdul Manan waktu itu Tuangku Laras Sungai Pua juga ditangkap dan diasingkan ke Batavia. Meskipun demikian, ternyata beberapa tokoh masyarakat ada yang tidak bergeming akan bujuk rayuan yang disertai ancaman oleh pemerintah Belanda tersebut.


Friday, September 17, 2010

Catatan Usang Seorang Juru Tulis Bagian V


Latihan di Malam Hari
Malam Jum’at itu, di arena, tempat latihan silat di belakang Surau di Kampung Budi Kamang ramai dikunjungi orang. Baik orang tua-tua, pemuda, laki-laki ataupun perempuan. Bangku-bangku yang terbuat dari bambu di sekeliling sasaran silat tersebut tidak termuat lagi oleh penonton. Pada saat itu murid-murid yang sudah mahir berhenti latihan di Ngalau Batu Biaro untuk memberikan ‘spirit’ kepada kawan baru dalam persilatan dan sekaligus syukuran karena kawan baru itu telah ‘dibao tagak’, sebuah lanjutan dalam dunia persilatan Minang yang sebelumnya latihan diberikan guru barulah untuk meringankan gerakan tangan dan melenturkan pinggang dalam duduk bersila,  bersimpuh dengan jalan menukar-nukar posisi kaki, duduk jongkok dan berputur ditempat kedudukan sendiri. Pada saat ‘mambao tagak’ latihan silat tidak lagi dengan duduk di surau, melainkan  dengan gerakan silat yang sebenarnya. 

Tuangku Haji Abdul Manan mempersilahkan Maryam maju ke tengah arena latihan. Dengan perasaan sedikit malu, Siti Maryam yang mengenakan pakaian hitam, baju dan celana gunting Aceh berwarna hitam dengan sutera kuning sebagai ikat pinggang, dan kain penutup kepala dari sutera hitam yang diikatkan dibelakang  maju ke  arena latihan.

Sunday, September 12, 2010

Catatan Usang Seorang Juru Tulis Bagian IV





Lamunan


Keesokan harinya, si Juru Tulis mendapat informasi yang mengejutkan dari Siti Anisyah. Sepulang dari surau malam kemaren kebetulan Siti Maryam dibawa  menginap oleh Siti Anisyah di rumahnya. Rupanya menjelang tidur fikiran Siti Maryam juga ‘dibuncahkan’ oleh ketampanan seorang pemuda yang bertubuh ideal di surau tadi yang bercampur dengan kesan indahnya terhadap alam negeri Kamang. 


“Siapa gerangan nama pemuda itu, ya?,” bisik hatinya. 


Sementara Inyiak Haji Abdul Manan hanya memperkenalkan tugas dan tanggung jawab si pemuda itu saja, tetapi tidak menyebutkan nama pemuda yang sedikit pendiam itu.


“Etek, kalau boleh ambo tau, siapa gerangan nama pemuda yang menjadi juru tulis Inyiak Manan tadi itu, ‘Tek ?,”  Siti Maryam memberanikan diri untuk menanyakan nama pria itu kepada Siti Anisyah.


“Hmm !, kenapa tiba-tiba kamu menanyakan nama anak muda itu Maryam ? Apakah dia telah menyudutkan pandangannya padamu tadi, sehingga membuat perasaanmu tersinggung ?,” Pancingan Siti Anisyah pada Maryam.


“Tidak, Tek ! Tadi itu Inyiak Manan kan hanya memperkenalkan tugas-tugas pria itu saja dan tidak menyebutkan nama orangnya. Padahal pada waktu-waktu mendatang saya kira pasti akan banyak berhubungan dengannya, apalagi kalau saya masih dianggap anak oleh orang Kamang ini, ‘Tek !,”  jawab Maryam, yang mencoba bersilat lidah dengan Siti Anisyah.


“O, begitu ! Nanti kamu juga akan tau dengan sendirinya, Maryam. Sekarang cukup dipanggil saja dengan ‘si-Juru Tulis’, sesuai dengan tugasnya itu. Tidak masalah bukan ? Yang jelas tidurlah kamu dulu karena tadi siang kamu sudah menempuh perjalanan jauh. Tentu tubuhmu saat ini membutuhkan istirahat dan kami telah mempersiapkan tempat dan selimut untukmu, Nak ?  Tidurlah dulu !,” kilah Siti Anisyah pada Maryam.



Saturday, September 11, 2010

Indonesia Pemakai Air 10 Besar Dunia

Parigi di tengah sawah, lokasi di Cianjur / Foto : Rizal Bustami
 
PEKAN AIR DUNIA

Kompas, Rabu, 8 September 2010 

Masalah kualitas air dibahas dalam forum World Water Week 2010 yang berlangsung 5-11 September 2010 di Stockholm, Swedia. Dalam forum itu berkumpul 2.500 pakar dari 130 negara.Isu yang dibahas, antara lain, penyebaran penyakit terkait air, polusi bahan kimia, serta kondisi sungai dan danau di negara berkembang.Seperti tertuang dalam UN World Water Development Report (2009), saat ini lebih dari 80 persen air limbah di negara berkembang dibuang tanpa diolah sebelumnya sehingga mencemari sungai, danau, dan pesisir. Kurangnya sanitasi serta minimnya air bersih penyebab 88 persen kasus diare di dunia yang membawa kematian dini 1,8 juta orang setiap tahun—90 persen berusia di bawah lima tahun.Direktur World Water Week Jens Berggren mengatakan, ”Secara fisik, air tersedia. Persoalannya ialah manajemen air. Tapi, bisa dipecahkan.”Biaya investasi untuk infrastruktur, penyediaan, dan distribusi air dipandang sebagai beban oleh banyak pemerintah. Padahal, setiap investasi 1 dollar AS untuk penyediaan air dan sanitasi akan kembali 34 dollar AS. Manajemen sumber daya air ikut menumbuhkan perekonomian karena mengurangi biaya akibat polusi dan bencana.Sementara itu, perubahan iklim juga berpengaruh terhadap manajemen air.Berggren mengatakan, hujan yang sulit diprediksi adalah malapetaka dan membuat pengelolaan air kian sulit.”Ini sudah terlihat di Pakistan dan Rusia,” ujarnya. Rusia, misalnya, baru mengalami musim paling panas dalam sejarah. Jam Lundqvist, Kepala Stockholm International Water Institute’s Scientific Programme Committee, mengatakan, akibat sulitnya prediksi cuaca, perlu investasi besar untukberagam model penyimpanan air. Sekitar 66 persen lahan pertanian di Asia bukan sistem irigasi dan di Afrika sekitar 94 persen lahan mengandalkan curah hujan. Sekitar 500 juta orang di Afrika dan India akan mendapat manfaat dari manajemen air pertanian.

Sumber Kompas

Pincuran / Foto : Rizal Bustami
Air dijadikan pembangkit listrik / Foto : Rizal Bustami
Air sebagai obyek Wisata / Foto : Rizal Bustami
Hulu Sungai Ciliung / Foto : Rizal Bustami
Hutan hujan Taman Nasiona Gede Pangrango / Foto : Krisna
 Air untuk kolam dan kakus lokasi Nagarai Lasi,Sumbar / Foto : Rizal Bustami
Air berwal dari satu tetes / Foto : Rizal Bustami
Pendistribusian air di Palutungan,Gunung Ciremai / Foto : Rizal Bustami
Pembangkit listrik rakyat di Curuk Panjang / Foto : Rizal Bustami
Sawah di kaki Gunung Marapi, Nagari Lasi, Bukittinggi / Foto : Rizal Bustami
Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak / Foto : Rizal Bustami
Pembangkit lisrik warga di Ciptagelar / Foto : Rizal Bustami
Hariyono operator Pembangkit Listrik Mikrohydro Cicemet,
Desa Sirna Resmi / Foto : Rizal Bustami
Pembagian air yang rumit / Foto : Rizal Bustami

Sumber air di Cigowong, Gunung Ciremai / Foto : Rizal Bustami

Sunday, September 05, 2010

FOTOGRAPHI

Petani Dieng

Keranjang-kerangjang disandarkan
Orang orang duduk mengelompok
Aktivitas apa gerangan ini ?

Sebuah mobil bak terbuka berhenti
Kerangjang kerangjang dinaikkan, orang orang bergelayatun
Kemanakah orang orang ini ?

Ibu – ibu berbaris di tepi jalan
Bayang-bayang sejajar dengan tubuhnya
Hendak kemana ibu – ibu ini ?

Ibu ibu memetik sayur
Laki laki memikul keranjang
Mobil bak dan timbangan menunggu di pinggir jalan
Merekalah buruh tani Dataran Tinggi Dieng



Sayur mayur terbaik dihasilkan dari bumi ini....

Rizal Bustami


HARGA BENELLI MOTOBI 152 TH 2023