Thursday, June 11, 2009

SEPEDA GUNUNG

Cibodas - Gunung Putri, 2.5 KM Saja !

Jarak Cibodas – Gunung Putri melintasi Kebun Raya Cibodas hanya 2.5 km. Dimulai dari ketinggian 1337 dpl ke ketinggian 1542 dpl. Meski jaraknya “sejengkal”, menggoes sepeda disini alang kepalang capeknya. Kita akan terhibur karena pemandangan yang dilewati. Melayangkan pandangan ke arah bawah, hamparan perkebunan, keramaian Cipanas dan barisan perbukitan. Memandang ke arah atas, terpampang Gunung Gede Pangrango. Perjalanan ke Gunung Putri, melewati kawasan Wisata Agrowisata. Sampai ke Gunung Putri, mata akan selalu terbelalak oleh pamandangan lepas.

Di Gunung Putri kita tidak dapat lagi menikmati pemandangan karena sudah ditutupi oleh bangunan bertingkat. Lewati sajalah Gunung Putri karena tidak ada yang bisa dinikmati lagi. Turun kea arah Cipendawa (peternakan ayam), ada dua pilihan jalan. Lurus, atau belok kiri. Bila lurus, langsung ke Jalan Raya Cipanas. Sedangkan belok ke kiri, akan ada dua pilihan. Bisa ke Pasar Cipanas atau kembali ke Kebun Raya Cibodas.

Dalam pilihan ini, saya turun ke Pasar Cipanas (1008 dpl) untuk makan siang di Warung Mang Alan. Warung makan Mang Alan berada di depan Kantor Kecamatan Pacet, pas di pinggiran pasar. Menunya gabungan rasa Sunda dan masakan Minang. Soal rasa, tidak mengecewakan dan murah pula. Kelebihan masakan Mang Alan, yang berasal dari Minang ini, selalu baru. Saya makan disini sejak tahun 1985, ketika lagi giat-giatnya mendaki gunung Gede Pangrango.

Kembali ke Cibodas, berarti menggoes dari ketinggin 1008 dpl ke ketinggian 1337 dpl, dengan jarak kurang lebih 2 km. Saya naik melipiri Istana Cipanas, Makam Pahlawan, Tanjakan Berlian, Gunung Batu dan masuk lagi ke kawasan Kebun Raya Cibodas.

Saya menggoes sepeda mengambil waktu matahari terbuka. Gunanya adalah untuk melatih kelelahan otot dan pernapasan. Berlatih di ketinggian, akan menambah cadangan oksigen di dalam darah serta menambah kapasitas paru - paru. Demikian anjuran Bung Octav, pelatih pisik Team Everest Kapasus, Pelatih Pisik Putri Everest, Pelatih Pisik PSSI kepada saya. “Tampah gizi lu untuk cadangan energi,” kata Bung Octav kepada saya.

Dengan jarak hanya lebih kurang 6 km, dibutuhkan waktu menggoes 2.5 jam. Selama 2.5 jam lagi, untuk istirahat, ambil foto dan makan siang. (Rizal Bustami)

nurul hidayat said...

Bagus tuh rutenya, ya utk variasi biar ga bosen di Bogor truss. Klo tanjakan diliat dari beda ketinggian dpl kayaknya biasa2 aja. Mantabb Zal

Melihat Indonesia said...

Tapi. lebih dari cukup untuk latihan...
Ane tidak ikutan sepeda di Bogor Sabtu ini..

eddy ruslan said...

pemandangan kayanya yahud tuh,nurul puli mau ga nginep sehari

Melihat Indonesia said...

Dua setengah kilo meter saja ke Gunung Putri. Turun 1.5 km untuk makan - dimana lu dulu makan jahe muda dulu. Dan, 1.5 km kembali ke Cibodas...

papapulianto said...

Wah wah wah... kalau pak Nurul mau aku juga ikutan,, wong tetangga sebelah dan rumahnya gandengan,,, gimana sih ??

nurul hidayat said...

Mau dah nginep sehari biar pak Yuli ikut juga..hahahahahaha

Melihat Indonesia said...

Dijamu dengan nasi goreng Cantigi, dan Teh Telor. Sarapan dengan mie goreng Cantigi. Makan siang di Warung Mang Alan, di Pasar Cipanas. Menunya Goreng Ayam, Rendang dan Soto.