Rute Bogor Selatan Bagian I
Perumahan dan
Golf Rancamaya sebagai tujuan dulu. Banyak jalan menuju Perumahan Rancamaya, juga banyak tujuan dari
sana. Ke Perumahan Rancamaya dapat dicapai melalui Tajur, Ciawi, Istana Batu Tulis, dan bahkan dari Biotrop.
Setelah sampai di Pos Pemeriksaan Perumahan Rancamaya, ada dua pilihan untuk menggowes. Tujuan pertama adalah Jembatan Kereta Api Cikretek. Setelah lepas dari lapangan golf dan perumahan, jalan menukik tajam sampai di pagar batas Perumahan Rancamaya. Lewati pagar, berhenti di warung kopi, pas pada sisi selatan adalah Jembatan Kereta Api Cikretek.
Sebelum bertemu pagar pembatas, terdapat jalan terusan keluar komplek Rancamaya. Jalan tersebut menuju Ciherang. Inilah Rute Rancamaya-Ciherang. Jika menyeberangi Jembatan Kereta Api, tujuannya adalah ke Rumah Makan Warso. Mana yang dipilih ? Sama bagusnya, hampir sama jaraknya, juga tantangannya.
Rute Ciherang
Keluar dari Perumahan Rancamaya, melalui jalan beraspal. Di sebelah kanan jalan mengalir Sungai Cikretek. Akhir dari rute ini adalah Jalan Raya Sukabumi. Selepas dari Intstalasi PDAM, jalan mendaki tajam dan seterusnya pendakian landai. (baca Track Ciherang,diupload 27 Januari 2010)
Rute Warso
Setelah melewati Jembatan Kereta Api, ambil jalan ke kiri. Memakai jalan lurus boleh saja. Jalan akan banyak pendakian sampai ke Rumah Makan Warso. Dari Rumah Makan Warso, rute kembali ke
Bogor menuju Pamoyanan, persimpangan Cipaku dan Istana Batu Tulis. Nanti rute ini akan bertemu dengan Rute
TajurHalang/Patung Garuda.
Rute Ciherang lebih kurang 25 Km, dengan elavasi antara 225 mdpl sampai tertinggi 540 mdpl. Sedangkan Rute Warso, lebih kurang 30 km, dengan elevasi antara 225 sampai tertinggi 691 mdpl.
Melalui Biotrop
Selain melalui Cipaku dan Ciawi, Jembatan Kereta Api dapat juga dicapai melaui Biotrop Tajur. Jalan ini akan bertemu dengan arah dari Cipaku.
Pada musim durian, rute ini akan mengasyikkan sekali karena ruas-ruas jalan yang dilalui berada di “buminya” durian Rancamaya.
Disarankan untuk memiliki pisik yang cukup kuat karena jalan banyak mendaki. Keadaan jalan lengang oleh kendaraan bermesin, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Udara bersih, berada di perkampungan.